|
3. |
Penanggung jawab PMR |
|
|
a. |
Penanggung jawab Kelompok PMR sekolah adalah Kepala Sekolah, yang
mengatur, memonitoring, dan mengevaluasi tugas Pembina PMR, dan
Pelatih PMI di kelompok PMR tersebut |
|
|
b. |
Penanggung jawab kelompok PMR Luar Sekolah adalah seseorang yang
ditunjuk oleh PMI Cabang/Ranting, yang mengatur, memonitor, dan
mengevaluasi tugas Pembina PMR, dan Pelatih PMI di kelompok PMR
tersebut
|
|
|
c. |
Penanggung Jawab PMR, secara fungsional adalah anggota Tenaga Sukarela
(TSR) PMI Cabang |
|
|
|
|
|
4. |
Pembina PMR |
|
|
a. |
Wakil
kepala sekolah bidang kesiswaan, atau guru yang ditunjuk oleh sekolah
untuk melakukan pembinaan kelompok dan anggota PMR di sekolah ybs |
|
|
b.. |
Seseorang yang ditunjuk oleh PMI Cabang/Ranting untuk melakukan
pembinaan kelompok dan anggota PMR luar sekolah |
|
|
c. |
Pembinaan PMR secara fungsional adalah anggota Tenaga Sukarela (TSR)
PMI Cabang |
|
|
|
|
|
5. |
Pelatih PMI |
|
|
Pelatih adalah individu (Pengurus/staff/relawan)
yang memenuhi kualifikasi pelatih sesuai dengan Pedoman Pelatih PMI.
Lihat pedoman pelatih dan pelatihan
|
|
|
|
|
|
6. |
Instansi terkait |
|
|
Pihak-pihak baik pemerintah, swasta, ataupun
organisasi non pemerintah yang secara aktif mendukung pembinaan dan
pengembangan PMR, a.I. departemen sosial, komite sekolah, UNICEF,
UNFPA
|
|
|
|
|
|
7. |
Pembinaan PMR |
|
|
a. |
Upaya yang dilakukan untuk mengembangkan PMR,
mencakup: perekrutan, pelatihan, pengembangan individu, pengembangan
organisasi, Tri Bhakti PMR, pelaporan, monitoring, dan evaluasi
|
|
|
b. |
Pembinaan PMR diarahkan pada pengembangan karakter kepalangmerahan |
|
|
c. |
Pengembangan karakter kepalangmerahan yaitu
mengarahkan anggota PMR agar mengetahui, memahami, dan berperilaku
sesuai prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.
|
|
|
d. |
Pembinaan berbasis pengembangan karakter
dilaksanakan dengan pendekatan Keterampilan Hidup, yaitu proses
pembinaan interaktif yang bertujuan memaksimalkan pengetahuan,
keterampilan, dan sikap (PKS) anggota PMR sehingga terjadi perubahan
positif. Kemudian anggota PMR juga dapat berperan sebagai "peer
educator" atau pelatih sebaya, yaitu yang dapat berbagi PKS kepada
teman sebaya sehingga mendorong terjadinya perubahan perilaku positif
pada remaja. Dengan demikian anggota PMR tidak hanya sebagai obyek,
tetapi juga subyek yang terlibat aktif dalam siklus pembinaan PMR.
|
|
|
|
|
|
8. |
Orientasi |
|
|
a. |
Orientasi kepalangmerahan adalah proses pengenalan
Gerakan Palang Merah/Bulan Sabit Merah dan PMI
|
|
|
b. |
Orientasi kepalangmerahan diperuntukan bagi setiap
anggota PMI, termasuk anggota PMR dan Pembinaan PMR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB II |
KEANGGOTAAN PMR |
|
|
|
|
A. |
PENGERTIAN |
|
|
|
|
|
Anggota PMR adalah
anggota remaja berusia 10 - 17 tahun dan atau belum menikah, yang
mendaftarkan diri dan terdaftar dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
B. |
SYARAT MENJADI ANGGOTA PMR |
|
|
|
|
|
1. |
Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang
sedang berdomisili di wilayah Indonesia.
|
|
2. |
Berusia 10 tahun sampai dengan 17 tahun dan atau belum menikah atau
seusia siswa SD/MI s/d SMU/MA atau yang sederajat |
|
3. |
Mendapatkan persetujuan orang tua/wali |
|
4. |
Bersedia mengikuti orientasi, pelatihan, dan pelaksanaan kegiatan
kepalangmerahan |
|
5. |
Mengisi formulir pendaftaran dan mengembalikannya
kepada Pembina PMR dokelompok PMR masing-masing, untuk selanjutnya
disampaikan kepada Pengurus Cabang Palang Merah Indonesia setempat.
|
|
|
|
|
C |
PENGESAHAN ANGGOTA |
|
Lihat Pelatihan Anggota PMR, hal |
|
|
|
|
D |
ANGGOTA PMR |
|
|
|
|
|
1. |
PMR Mula |
:
10 - 12 tahun/ setingkat SD/MI/sederajat |
|
|
2. |
PMR Madya |
:
12 - 15 tahun/setingkat SMP/MTS/sederajat |
|
|
3. |
PMR Wira |
:
15 - 17 tahun/setingkat SMA/SMK/MA/sederajat |
|
|
|
|
|
E. |
HAK DAN KEWAJIBAN |
|
1. |
Hak dan Kewajiban Anggota PMR |
|
|
a. |
Hak
Anggota PMR |
|
|
|
1) |
Mendapatkan pembinaan dan pengembangan oleh PMI |
2) |
Menyampaikan pendapat dalam forum/ pertemuan resmi PMI |
3) |
Berpartisipasi aktif dalam kegiatan PMR |
4) |
Mendapatkan Kartu TAnda Anggota (KTA) |
|
|
|
|
|
|
|
b. |
Kewajiban Anggota PMR |
|
|
|
1. |
Menjalankan dan membantu menyebarluaskan
prinsip-prinsip dasar gerakan Palang Merah dan kegiatan PMI
|
2. |
Mematuhi AD/ART |
3. |
Melaksanakan Tri Bhakti PMR |
4. |
Menjaga nama baik PMI |
5. |
Membayar uang iuran keanggotaan |
|
|
|
|
|
|
2. |
Hak dan Kewajiban Pembina PMR |
|
|
a. |
Hak
Pembina PMR |
|
|
|
1. |
Mendapatkan pembinaan dan pengembangan kapasitas oleh PMI Cabang |
2. |
Mengikuti musyawarah cabang dalam mengambil keputusan, dengan
mekanisme: mengirimkan 1 orang Pembina PMR yang diputuskan melalui
rapat forum komunikasi Pembina PMR
|
3. |
Mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas partisipasi dan
prestasi |
4. |
Mendapatkan atribut sesuai dengan ketentuan PMI |
|
|
|
|
|
|
|
b. |
Kewajiban Pembina PMR |
|
|
|
1. |
Mematuhi AD/ART PMI |
2. |
Mematuhi ketentuan dalam TSR PMI |
3. |
Mengikuti orientasi kepalangmerahan dan
pelatihan, minimal ditingkat PMI Cabang
|
4. |
Menjaga nama baik PMI |
5. |
Melaksanakan sosialisasi kepalangmerahan |
6. |
Berperan aktif dalam pembinaan dan pengembangan PMR |
|
|
|
|
|
F. |
PERPINDAHAN ANGGOTA PMR |
|
|
|
|
|
Berhubung karena sesuatu hal, seorang anggota PMR
pindah ketempat lain. Bagi mereka yang pindah maka diharapkan:
|
|
1. |
Membawa surat rekomendasi dari Pengurus PMI Cabang
tempat semula mereka bergabung
|
|
2. |
Melaporkan/mendaftarkan kembali melalui kelompok
PMR ditempat tinggalnya yang baru
|
|
|
|
|
G. |
BERAKHIRNYA KEANGGOTAAN |
|
|
|
|
|
1. |
Keanggotaan PMR dinyatakan berakhirnya juka yang bersangkutan :
|
|
|
a. |
Berakhir masa keanggotaan |
|
|
b. |
Mohon
berhenti |
|
|
c. |
Diberhentikan |
|
|
d. |
Meningggal dunia |
|
|
|
|
|
2. |
Anggota PMR dapat diberhentikan oleh Pengurus PMI
Cabang, apabila yang bersangkutan mencemarkan nama baik PMI dan atau
dijatuhi hukuman pidana yang telah berkekuatan hukum tetap.
|
|
|
|
|
|
3. |
Mekanisme penghentian anggota PMR ditetapkan oleh
kelompok PMR yang bersangkutan, yang dikoordinasikan dengan PMI
Cabang.
BAB III
ORGANISASI PMR
|
|
A. SEKOLAH |
1.
|
Tim Pembina Pengembangan Kepalangmerahan |
|
a.
|
Sesuai
Perjanjian kerjasama PMI- Depdikbud RI Tanggal 24 Mei 1995 No.
0118/U/1995 dan No. 0090/KEP/PP/95, dibentuk Tim pembina Pengembangan
Kepalangmerahan dikalangan Siswa, Warga belajar dan mahasiswa disingkat
TP PMI
|
|
b.
|
PMI dibentuk ditingkat pusat, Provinsi, kota/Kabupaten |
|
c. |
TP PMI disetiap tingkatan terdiri dari unsur PMI, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Kesehatan dan Departemen Agama |
|
d.
|
TP PMI Pusat bertugas : |
|
|
1) |
Menyiapkan Program pembinaan dan Pengembangan kepalangmerahan ditingkat siswa, warga belajar dan mahasiswa secara nasional |
|
|
2) |
Menyiapkan dan melaksanakan kegiatan pembinaan kepada TP PMI Propinsi |
|
|
3) |
Menerima laporan dari TP PMI Propinsi |
|
e.
|
TP PMI Propinsi bertugas : |
|
|
1) |
Menyiapkan Program pembinaan dan Pengembangan kepalangmerahan ditingkat
siswa, warga belajar dan mahasiswa ditingkat propinsi secara terinci
dan mengacu pada program nasional |
|
|
2) |
Menyiapkan dan melaksanakan kegiatan pembinaan kepada TP PMI Kabupaten/kota |
|
|
3) |
Menerima laporan dari TP PMI kota/Kabupaten |
|
f. |
1) |
Menyiapkan Program pembinaan dan Pengembangan kepalangmerahan ditingkat
siswa, warga belajar dan mahasiswa ditingkat Kota/Kabupateni secara
terinci dan mengacu pada program nasional dan Propinsi |
|
|
2) |
Menyampaikan laporan dan hasil kerja kepada TP PMI Propinsi dengan tembusan kepada PMI Pusat |
|
|
2. |
Organisasi PMR di Sekolah |
|
a. |
Pembinaan PMR dilaksanakan oleh TP PMI |
|
b. |
Di Lingkungan PMI Pusat/Daerah/Cabang, Pembinaan PMR dilaksanakan oleh Bidang SDM/PMR/Diklat |
|
c. |
PMR di sekolah disebut Kelompok PMR yang beranggotakan minimal 10 orang |
|
d. |
Kegiatan PMR disekolah merupakan bagian dari kegiatan ekstra kulikuler dibawah pembinaan wakil kepala Sekolah Bidang Kesiswaan
|
|
e. |
Struktur Organisasi PMR Di Sekolah |
|
|
Kelompok PMR disekolah secara struktural mempunyai struktur sendiri
sebagai kelompok PMR, dan dalam kegiatannya secara fungsional termasuk
seksi Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi OSIS |
|
f. |
Susunan Pengurus PMR di sekolah : |
|
|
1) |
Pelindung adalah TP PMI Kota/ Kabupaten |
|
|
2) |
Penanggung jawab adalah Kepala Sekolah |
|
|
3) |
Pembina PMR |
|
|
4) |
Pelatih PMI |
|
|
5) |
Pengurus harian PMR terdiri dari siswa-siswi yang telah menjadi anggota PMR dengan masa bakti minimal 1 tahun, terdiri dari : |
|
|
|
a) |
Seorang Ketua |
|
|
|
b) |
Seorang wakil ketua |
|
|
|
c) |
Seorang sekretaris |
|
|
|
d) |
Seorang bendahara |
|
|
|
e) |
Unit-unit : |
|
|
|
|
(1) |
Bakti Masyarakat |
|
|
|
|
(2) |
Keterampilan, kebersihan, dan kesehatan |
|
|
|
|
(3) |
Persahabatan |
|
|
|
|
(4) |
Umum |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. LUAR SEKOLAH
|
1. |
Nama
kelompok PMR disesuaikan dengan nama desa/ kecamatan/ instansi tempat
kelompok PMR tersebut dibentuk, atau sebutan lain yang dapat
meningkatkan pembinaan PMR |
2. |
Anggotanya terdiri dari anggota remaja PMI yang berbasis masyarakat |
3. |
Penanggung jawab adalah Kepala Desa/ Kecamatan/ Instansi/ Organisasi |
4. |
Struktur organisasi PMR luar sekolah, terlampir |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. PERAN MASING-MASING PIHAK |
1. |
PMI Pusat yang membidangi pembinaan dan pengembangan PMR |
|
a. |
Mengeluarkan
kebijakan tentang pembinaan PMR (perekrutan, pelatihan, pengembangan
individu, pengembangan organisasi , Tri Bhakti PMR, pelaporan,
monitoring, dan evaluasi) |
|
b. |
Mengeluarkan buku panduan pembinaan, kurikulum standart pelatihan anggota dan Pembina PMR, dan modul |
|
c. |
Memfasilitasi PMI Daerah melaksanakan kebijakan, buku panduan, kurikulum, dan modul |
|
d. |
Memfasilitasi/
menyelenggarakan pelatihan, pengembangan kegiatan, dan pengembangan
kapasitas individu untuk tingkat nasional maupun internasional |
|
e. |
Menyelenggarakan kegiatan nasional, misal Jumbara Nasional |
|
f. |
Melakukan monitoring dan evaluasi pada setiap tahap pembinaan PMR |
|
g. |
Berkoordinasi
dengan pihak terkait ditingkat Pusat ( TP PMI, Diknas, Depkes, Depag,
Organisasi Non Pemerintah ) untuk pengembangan pembinaan PMR |
|
h. |
Menyediakan informasi terkait dengan pengembangan pembinaan PMR, dan meneruskan informasi tersebut kepada PMI Daerah |
|
|
|
|
|
|
2. |
PMI Daerah yang membidangi pembinaan dan pengembangan PMR |
|
a. |
Menerapkan kebijakan tentang pembinaan PMR |
|
b. |
Memfasilitasi PMI Cabang dalam melaksanakan kebiajakan, buku panduan, kurikulum, dan modul |
|
c. |
Memfasilitasi/ menyelenggarakan pelatihan, pengembangan kegiatan, dan pengembangan kapasitas untuk tingkat daerah |
|
d. |
Menyelenggarakan kegiatan tingkat PMI Daerah, misal : Jumbara Daerah |
|
e. |
Melakukan monitoring dan evaluasi pada setiap tahap pembinaan PMR |
|
f. |
Berkoordinasi
dengan pihak terkait ditingkat Propinsi (Tp PMI, Diknas, Depkes, Depag,
Organisasi Non Pemerintah) untuk pengembangan pembinaan PMR |
|
g. |
Menyediakan informasi terkait dengan pengembangan pembinaan PMR, dan meneruskan informasi tersebut kepada PMI Cabang |
|
h. |
Memfasilitasi PMI Cabang dalam menerapkan informasi-informasi tentang pembinaan PMR |
|
|
|
|
|
|
3. |
PMI Cabang yang membidangi pembinaan dan pengembangan PMR |
|
a. |
Menerapkan kebijakan tentang pembinaan PMR |
|
b. |
Memfasilitasi kelompok PMI melaksanakan kebijakan, buku panduan, kurikulum, dan modul |
|
c. |
Memfasilitasi pelatihan, pengembangan kegiatan, dan pengembangan kapasitas untuk tingkat cabang dan kelompok PMR |
|
d. |
Menyelenggarakan kegiatan tingkat PMI Daerah, misal : Orientasi Pembina PMR, pelatihan gabungan anggota PMR, Jumbara Cabang |
|
e. |
Menugaskan pelatih PMI untuk melatih kelompok PMR |
|
f. |
Melibatkan
Pembina PMR dalam proses pengambilan keputusan, khususnya terkait
pembinaan PMR, baik dalam forum rapat, musyawarah kerja tahunan, maupun
musyawarah tahunan |
|
g. |
Melakukan monitoring dan evaluasi pada setiap tahap pembinaan PMR |
|
h. |
Berkoordinasi
dengan pihak terkait ditingkat Kota/ Kabupaten (TP PMI, Diknas, Depkes,
Depag, organisasi non pemerintah) untuk pengembangan pembinaan PMR |
|
i. |
Menyediakan informasi terkait dengan pengembangan pembinaan PMR dan meneruskan informasi tersebut kepada kelompok PMR |
|
j. |
Memfasilitasi Kelompok PMR dalam menerapkan informasi-informasi tentang pembinaan PMR |
|
|
|
|
|
|
4. |
Penanggung jawab PMR
|
|
a. |
Bertanggung jawab terhadap pembinaan dan pengembangan PMR |
|
b. |
Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan dikelompok PMR |
|
c. |
Bersama dengan PMI Cabang mengatur, memonitor, dan mengevaluasi tugas Pembina PMR, dan PElatih PMI di kelompok PMR tersebut |
|
d. |
Melakukan monitoring dan evaluasi pada setiap tahap pembinaan PMR |
|
e. |
Berkoordinasi dengan pihak terkait ditingkat Kota/ Kabupaten/ Kecamatan |
|
|
|
|
|
|
5. |
Pembina PMR
|
|
a. |
Melaksanakan pembinaan PMR dikelompok PMR masing-masing |
|
b. |
Mengembangkan
kegitan kepalangmerahan, a.I. melakukan sosialisasi dan advokasi ke
sekolah/ lembaga, memfasilitasi pembentukan kelompok PMR baru,
meningkatkan jaringan komunikasi dan koordinasi antar Pembina PMR meupun
sekolah/ lembaga |
|
c. |
Membantu PMI Cabang memfasilitasi pembentukan kelompok PMR baru |
|
d. |
Memfasilitasi komunikasi dan koordinasi antara kelompok PMR dan PMI Cabang |
|
e. |
Memberikan
masukan kepada PMI dan Pelatih PMI terkait pelaksanaan standarisasi
pelatihan PMR, kualitas pelatih, perkembangan metode dan media pelatihan |
|
f. |
Melakukan monitoring dan evaluasi pada setiap tahap pembinaan PMR |
|
|
|
6. |
Instansi terkait
|
|
a. |
Mendukung upaya pembinaan PMR, sesuai 7 Prinsip Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional |
|
b. |
Memfasilitasi penyediaan kebutuhan kegiatan operasional PMR |
|
|
|
|
|
|
D. SUMBER DANA |
|
PMI
Daerah, PMI Cabang, Sekolah/ lembaga kelompok PMR, dan instansi lain
yang tidak mengikat Sumber dana pembinaan dan pengembangan PMR dapat
berasal dari PMI Pusat,
|
|
|
|
|
|
|
BAB IV
PEMBINAAN PMR |
|
|
|
A. PEREKRUTAN |
 |
1. |
Tujuan
Meningkatkan kuantitas kelompok dan anggota PMR secara berkesinambungan
|
2. |
Sasaran Perekrutan |
|
PMR Mula |
: |
10 - 12 tahun/ setingkat SD/ MI/ sederajat |
|
PMR Madya |
: |
12 - 15 tahun/ setingkat SMP/ MTS/ sederajat |
|
PMR Wira |
: |
15 - 17 tahun/ setingkat SMA/ SMK/ MA/ sederajat |
3. |
Pelaksanaan Perekrutan
Kegiatan perekrutan di
laksanakan oleh kelompok PMR (sekolah maupun di luar sekolah) dan PMI
Cabang, yang selanjutnya dilaporkan kepada Dinas Pendidikan/ Departemen
Agama Kota/ Kabupaten dan PMI Cabang |
4. |
Pembentukan Kelompok dan Perekrutan Anggota PMR |
Pembentukan Kelompok dan Perekrutan
|
Anggota PMR
|
|
|
|
|
Sekolah |
|
|
|
|
|
Cabang |
|
|
|
|
|
Cabang + Sekolah |
|
|
|
|
|
Cabang + Sekolah + Kelompok PMR |
|
|
|
a. |
Pembentukan Kelompok PMR |
|
|
|
1) |
PMI
Cabang melakukan sosialisai dan publikasi kepada Dinas Pendidikan,
Departemen Agama, Sekolah/kelompok luar sekolah untuk membentuk kelompok
PMR. |
|
|
|
|
|
|
|
|
2) |
Pihak sekolah mengajukan surat permohonan pembentukan kelompok PMR disekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
3) |
Penanggung jawab kelompok mengajukan surat permohonan pembentukan kelompok PMR diluar sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
4) |
PMI Cabang mengesahkan kelompok PMR setelah seluruh persyaratan pembentukan PMR terpenuhi: |
|
|
|
|
a) |
mempunyai jumlah calon anggota minimal 10 orang |
|
|
|
|
b) |
mengisi formulir pendaftaran pembentukan kelompok PMR |
|
|
|
|
|
|
|
|
5) |
PMI
Cabang memberikan nomor induk kelompok PMR berdasarkan nomor kode
daerah dan cabang, yang ditetapkan oleh PMI Pusat: Nomor kode daerah,
nomor kode cabang, jenjang Mula/Madya/Wira, dan nomor urut pendaftaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
6) |
PMI
Cabang, Dinas Pendidikan, dan Departemen Agama secara aktif melakukan
pembinaan dan pengembangan PMR disekolah maupun luar sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. |
Sosialisasi dan Publikasi kegiatan PMR |
|
|
|
1) |
Tujuan kegiatan Sosialisasi dan Publikasi |
|
|
|
|
1) |
Memperkenalkan kegiatan PMR sebagai wadah pembinaan kepalangmerahan bagi generasi muda |
|
|
|
|
2) |
Menyosialisasikan peranan PMR dalam mendukung kegiatan kepalangmerahan |
|
|
|
|
3) |
Menarik minat generasi muda untuk bergabung dalam kegiatan PMR |
|
|
|
|
4) |
Memotifasi anggota PMR untuk tetap bergabung dalam kegiatan kepalangmerahan |
|
|
|
|
|
|
|
|
2) |
Waktu Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi dan Publikasi |
|
|
|
|
Kegiatan Sosialisasi dan Publikasi dilaksanakan minimal 1 tahun sekali sebelum dilaksanakan perekrutan |
|
|
|
|
|
|
|
|
3) |
Media dan Metode Sosialisasi dan Publikasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Media : |
|
|
|
|
a) |
Majalah Dinding |
|
|
|
|
b) |
Foto/Dokumentasi kegiatan PMR |
|
|
|
|
c) |
Leaflet |
|
|
|
|
d) |
Poster |
|
|
|
|
e) |
Buletin |
|
|
|
|
f) |
Merchandise |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Metode : |
|
|
|
|
a) |
Presentasi, audisi |
|
|
|
|
b) |
Demonstrasi/Peragaan kegiatan PMR |
|
|
|
|
c) |
Pemasangan Promosi Majalah dinding |
|
|
|
|
d) |
Pameran foto kegiatan PMR |
|
|
|
|
e) |
Pembagian Merchandise |
|
|
|
|
f) |
Penyebaran Leaflet |
|
|
|
|
g) |
Pemasangan poster |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4) |
Sasaran : |
|
|
|
|
a) |
Siswa |
|
|
|
|
b) |
Orang Tua Murid |
|
|
|
|
c) |
Sekolah/luar sekolah (panti asuhan, Kejar paket) dan management |
|
|
|
|
d) |
Masyarakat |
|
|
|
|
e) |
Instansi terkait |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5) |
Strategi : |
|
|
|
|
a) |
Media persentasi dan dialog melalui forum pertemuan siswa baru atau orang tua siswa |
|
|
|
|
b) |
Memanfaatkan masa penerimaan siswa baru sebagai tempat memperkenalkan dan mempromosikan kegiatan PMR dan kepalangmerahan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
Pendaftaran Anggota PMR |
|
|
a. |
PMI
Cabang bekerjasama dengan Pihak sekolah atau pimpinan luar sekolah dan
anggota PMR melakukan penyebaran formulir pendaftaran kepada remaja,
tanpa membedakan ras, jenis kelamin, agama
|
|
|
|
|
|
|
b. |
Calon Anggota PMR melakukan pengisian dan pengumpulan kembali formulir pendaftaran dan syarat-syarat pendaftaran lainnya
|
|
|
|
|
|
|
c. |
Syarat pendaftaran calon anggota baru PMR
|
|
|
|
1) |
Memenuhi syarat keanggotaan
|
|
|
|
2) |
Mengisi formulir pendaftaran calon anggota PMR
|
|
|
|
3) |
Mengumpulkan
Foto 3 x 4 dan 2 x 3 masing-masing 2 lembar, untuk formulir
pendaftaran, Buku Induk Kelompok PMR, Buku system data based PMI Cabang,
Piagam Orientasi, dan KTA
|
|
|
|
4) |
Bersedia dan mengikuti Orientasi
|
|
|
|
|
|
|
d. |
Calon anggota PMR mengikuti orientasi kepalangmerahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. |
Orientasi kepalangmerahan |
|
|
a. |
Metode
|
|
|
|
Metode orientasi ditetapkan dalam Kurikulum Standart Pelatihan untuk anggota dan pembina PMR |
|
|
|
|
|
|
b. |
Pelaksana
|
|
|
|
Pelaksana orientasi adalah PMI Cabang dengan menugaskan Pelatih Bidang Kepalangmerahan sebagai fasilator
|
|
|
|
|
|
|
c. |
Waktu pelaksanaan
|
|
|
|
1) |
Kelompok PMR mendaftarkan calon anggotanya kepada PMI Cabang
|
|
|
|
2) |
PMI Cabang melaksanakan orientasi sesuai dengan permintaan kelompok PMR
|
|
|
|
|
|
|
d. |
Kurikulum, media, dan metode
|
|
|
|
Sesuai dengan Standart Pelatihan untuk anggota dan Pembina PMR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. |
Pelantikan Anggota dan Penetapan Nomor anggota |
|
|
a. |
Syarat Pelantikan
|
|
|
|
Seorang
calon anggota PMR dinyatakan berhak untuk mengikuti pelantikan dan
dinyatakan secara resmi sebagai anggota PMR setelah mengikuti orientasi
sesuai dengan kurikulum standart Pelatihan untuk anggota dan Pembina
PMR. |
|
|
|
|
|
|
b. |
Pelaksana Pelantikan
|
|
|
|
Pealntikan anggota baru PMR dilaksnakan oleh PMI Cabang bekerjasama dengan pihak Sekolah/Luar sekolah
|
|
|
|
|
|
|
c. |
Penetapan Nomor Anggota
|
|
|
|
1) |
Nomor anggota diberikan oleh PMI Cabang
|
|
|
|
2) |
Penomoran anggota: Nomor kode daerah, nomor kode cabang, jenjang Mula/Madya/Wira, dan nomor urut pendaftaran anggota PMR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. |
Pendataan |
|
|
a. |
PMI Cabang melakukan pendaftaran anggota baru dalam sebuah system data base PMR
|
|
|
|
|
|
|
b. |
System data base anggota PMR sama dengan penomoran anggota
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. |
PELATIHAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
Tujuan |
|
|
Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap anggota PMR sehingga dapat melaksanakan kegiatan sesuai Tri Bakti PMR
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
Sasaran |
|
|
a. |
Anggota PMR
|
|
|
b. |
Pembina PMR
|
|
|
c. |
Pelatih PMI
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
Jenis Pelatihan |
|
|
a. |
Untuk Anggota PMR
|
|
|
|
1) |
Orientasi Kepalangmerahan |
|
|
|
|
Orientasi untuk calon anggota PMR |
|
|
|
|
Orientasi
ini dilaksanakan oleh Cabang dan diikuti oleh calon anggota sebagai
syarat wajib seorang calon anggota PMR sebelum dilantik secara resmi
sebagai seorang anggota PMR
|
|
|
|
|
Materi Orientasi dititikberatkan pada materi kepalangmerahan dan pengenalan kegaiatan-kegiatan PMR |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2) |
Pelatihan Rutin |
|
|
|
|
a) |
Pelatihan yang dilaksanakan secara rutin oleh kelompok PMR, minimal 1 x dalam 1 minggu, sesuai dengan program
|
|
|
|
|
b) |
Diikuti oleh anggota PMR setelah dilantik menjadi anggota PMR
|
|
|
|
|
c) |
Dilaksanakan dengan mengacu pada kurikulum yang ditetapkan PMI Pusat, dengan materi:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO |
MATERI |
MULA |
MADYA |
WIRA |
1.
|
Kepalangmerahan |
9 |
14 |
15 |
2. |
Pertolongan Pertama |
10 |
15 |
22 |
3. |
Perawatan Keluarga |
12 |
16 |
18 |
4. |
Kesehatan Remaja |
8 |
8 |
8 |
5. |
Kesiapsiagaan Bencana |
7 |
10 |
15 |
6. |
Kepemimpinan Kepalangmerahan |
12 |
19 |
35 |
7. |
UKTD: Doras |
0 |
0 |
4 |
|
TOTAL |
58 |
82 |
117 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d) |
Metode dan media pelatihan sesuai dengan Standart Pelatihan PMI
|
|
|
|
|
e) |
Pelatih adalah Pelatih PMI yang ditugaskan oleh PMI Cabang, sesuai dengan kompetensinya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. |
Untuk Pembinaan PMR
|
|
|
|
1) |
Orientasi Pembina PMR berdasarkan kurikulum yang ditetapkan PMI Pusat |
|
|
|
2) |
Calon Pembina PMR wajib mengikuti orientasi sebelum menjadi Pembina PMR |
|
|
|
3) |
Orientasi Pembina PMR dilaksanakan oleh PMI Cabang |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. |
Untuk Pelatih PMI
|
|
|
|
1) |
Pelatihan
untuk Pelatih PMI terdiri dari Pelatihan Teknis Kepalangmerahan dan
Pelatihan sesuai standart yang ditetapkan PMI pusat
|
|
|
|
2) |
Pelatih yang telah mengikuti pelatihan dan dinyatakan lulus berhak menjadi pelatih
C. |
PENGEMBANGAN
KAPASITAS |
|
|
|
|
|
1. |
Pengembangan
Kapasitas Pribadi |
|
a. |
Tujuan : |
|
|
Meningkatkan
kualitas anggota PMR, Pembina PMR, Pelatih PMI, pegawai dan pengurus PMI
yang membidangi PMR. |
|
|
|
|
b. |
Sasaran : |
|
|
a. |
Annggota PMR |
|
|
b. |
Pembina PMR |
|
|
c. |
Pelatih PMI |
|
|
d. |
Pegawai PMI yang
membidangi PMR |
|
|
e. |
Pengurus PMI
yang membidangi PMR |
|
|
|
|
|
c. |
Cara
mengembangkan kapasitas : |
|
|
|
|
|
|
1) |
Anggota PMR |
|
|
|
a) |
Pelatihan untuk anggota PMR |
|
|
|
b) |
Mengikutsertakan dalam
kegiatan kepalangmerahan sesuai Tri Bhakti PMR, baik ditingkat Kelompok
PMR, PMI Cabang, Daerah, Pusat, atau Internasional (misal :pertukaran
PMR, lomba, Jumbara tingkat Cabang, Daerah, atau Pusat). Jumbara
disetiap tingkatan dilaksanakan minimal 1 x setiap periode kepengurusan.
Untuk Tri Bhakti PMR, lihat bagian E. Tri Bhakti PMR |
|
|
|
c) |
Mendapatkan akses menerapkan
hasil pelatihan |
|
|
|
d) |
Mendapakan penghargaan dari
sekolah, PMI, atau lembaga lainnya. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2) |
Pembina PMR |
|
|
|
1) |
Orientasi pembinaan PMR |
|
|
|
2) |
Mengikutsertakan dalam
kegiatan kepalangmerahan ditingkat PMI Cabang, Daerah, Pusat, atau
Internasional (misal : pelatihan, lokakarya) |
|
|
|
3) |
Diberi kesempatan mengikuti
pelatihan teknis PMI dan Pelatihan Pelatih (untuk menjadi Pelatih PMI) |
|
|
|
4) |
Mendapatkan akses menerapkan
hasil pelatihan dan lokakarya |
|
|
|
5) |
Mendapatkan penghargaan dari
sekolah, PMI atau lembaga lainnya. |
|
|
|
|
|
|
|
3) |
Pelatih PMI |
|
|
|
1) |
Pelatih
teknis PMI, Pelatihan Pelatih, dan Pelatihan penyegaran. |
|
|
|
2) |
Pelatihan
lain yang mendukung tugas sebagai pelatih (misal: pelatihan kepemimpinan) |
|
|
|
3) |
Mengikutsertakan dalam kegiatan kepalangmerahan ditingkat PMI Cabang,
Daerah, Pusat atau Internasional (misal: pelatihan, lokakarya) |
|
|
|
4) |
Mendapatkan
akses menerapkan hasil pelatihan dan lokakarya |
|
|
|
5) |
Mendapatkan
penghargaan dari sekolah, PMI atau lembaga lainnya |
|
|
|
|
|
|
|
4) |
Pegawai yang membidangi pembinaan dan pengembangan PMR |
|
|
|
1) |
Pelatihan
pembinaan PMR |
|
|
|
2) |
Pelatihan
lain yang mendukung tugas sebagai pegawai yang membidangi PMR (Misal :
Pelatihan Monitoring-Evaluasi, Proses Perencanaan Proyek, Kepemimpinan) |
|
|
|
3) |
Diberi
kesempatan mengikuti pelatihan teknis PMI dan Pelatihan Pelatih (untuk
menjadi Pelatih PMI) |
|
|
|
4) |
Mengikutsertakan dalam kegiatan kepalangmerahan ditingkat PMI Cabang,
Daerah, Pusat atau Internasional (misal: pelatihan, lokakarya) |
|
|
|
5) |
Mendapatkan
penghargaan dari PMI atau lembaga lainnya |
|
|
|
|
|
2. |
Pengembangan Kapasitas Organisasi |
|
a. |
Tujuan |
|
|
Meningkatkan kualitas kegiatan dan organisasi PMR |
|
|
|
|
|
|
b. |
Kegiatan yang dapat dilakukan oleh masing-masing pihak : |
|
|
1) |
Sekolah : |
|
|
|
1. |
Berperan
aktif dalam kegiatan PMI tingkat Cabang, Daerah, Pusat, Internasional |
|
|
|
2. |
Memasukkan
kegiatan pembinaan PMR kedalam program tahunan sekolah/luar sekolah |
|
|
|
3. |
Sosialisasi
dan publikasi |
|
|
|
|
|
|
|
2) |
PMI Cabang : |
|
|
|
1) |
Advokasi,
sosialisasi, kerja sama dengan sekolah dan diknas/depag tingkat
Kota/Kabupaten, organisasi non pemerintah |
|
|
|
2) |
Menyelenggarakan kegiatan ditingkat Cabang, antara lain : jumbara,
pelatihan, bakti masyarakat, kunjungan persahabatan, kelompok PMR
berprestasi |
|
|
|
3) |
Memfasilitasi pembentukan forum komunikasi Pembina PMR |
|
|
|
4) |
Melaksanakan
monitoring dan evaluasi kegiatan pembinaan dan pengembangan PMR di
sekolah/luar sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
3) |
PMI Daerah : |
|
|
|
1) |
Advokasi,
sosialisasi, kerja sama dengan diknas/depag tingkat propinsi, organisasi
non pemerintah |
|
|
|
2) |
Menyelenggarakan kegiatan tingkat PMI Daerah, antara lain : jumbara,
pelatihan, bakti masyarakat, kunjungan persahabatan |
|
|
|
3) |
Melaksanakan
monitoring dan evaluasi kegiatan pembinaan dan pengembangan kegiatan
ditingkat Cabang |
|
|
|
|
|
|
|
4) |
PMI Pusat |
|
|
|
1) |
Advokasi,
sosialisasi, kerja sama dengan diknas/depag tingkat Pusat, organisasi non
pemerintah |
|
|
|
2) |
Menyelenggarakan kegiatan tingkat Nasional, antara lain : jumbara,
pelatihan, bakti masyarakat, kunjungan persahabatan, kelompok PMR
berprestasi |
|
|
|
3) |
Melaksanakan
monitoring dan evaluasi kegiatan pembinaan dan pengembangan kegiatan
ditingkat Daerah |
D. |
TRI BHAKTI
PMR |
|
|
|
1. |
Tri Bhakti PMR
terdiri dari : |
|
a. |
Berbakti pada masyarakat |
|
b. |
Mempertinggi keterampilan
serta memelihara kebersihan dan kesehatan
|
|
c. |
Mempererat persahabatan
nasional dan internasional |
|
|
|
2. |
Jenis kegiatan
dalam Tri Bakti PMR a.I : |
|
a. |
PMR Mula |
|
|
|
|
Berbakti pada
masyarakat
|
Mempertinggi
keterampilan dan
memelihara kebersihan
dan kesehatan
|
Mempererat
persahabatan nasional
dan internasional
|
1) |
Dapat menyanyikan lagu Mars PMI dan
Bakti Remaja |
1) |
Tahu cara gosok gigi, mencuci tangan
dan kaki |
1) |
Menjalin
persahabatan
dengan anggota
PMR dari sekolah
lain : |
2) |
Dapat membuat bagan struktur
organisasi PMR |
2) |
Dapat melakukan Pertolongan Pertama
untuk diri sendiri |
|
3) |
Tahu alamat PMI Cabang |
3) |
Tahu makanan 4 sehat 5 sempurna |
· |
Saling berkunjung untuk latihan
bersama |
4) |
Tahu susunan pengurus PMI Cabang |
4) |
Dapat melakukan perawatan keluarga
pada anggota keluarga |
· |
Saling berkirim surat atau album
persahabatan |
5) |
Tahu kegiatan dan tanda pengenal PMR |
5) |
Tahu cara menyimapn obat - obatan
ringan |
· |
Berkirim hasil kerajinan daerah,
informasi pariwisata |
6) |
Tahu tempat puskesmas, rumah sakit,
bidan, dan dokter dilingkungannya |
6) |
Dapat melakukan 3 M (Menutup,
Menguras, Mengubur) |
|
|
7) |
Tahu cara menghubungi tenaga kesehatan
dilingkungannya |
7) |
Dapat melakukan kesiapsiagaan bencana
untuk dirinya sendiri |
|
|
8) |
Menengok teman yang sakit |
8) |
Melaksanakan kegiatan pelayanan
kesehatan disekolah |
|
|
9) |
Membantu orang tua menyelesaikan
pekerjaan rumah |
|
|
|
|
10) |
Tahu alamat rumah sendiri |
|
|
|
|
11) |
Tahu Cara menjaga kebersihan
lingkungan |
|
|
|
|
12) |
Pernah ikut gotong royong membersihkan
tempat ibadah, sekolah, rumah sakit, puskesmas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. |
PMR Madya |
|
|
|
|
Berbakti pada
masyarakat
|
Mempertinggi
keterampilan dan
memelihara kebersihan
dan kesehatan
|
Mempererat
persahabatan nasional
dan internasional
|
1) |
Dapat menyanyikan lagu Mars PMI dan
Bakti Remaja |
1) |
Dapat menjaga kebersihan dan kesehatan
diri dan keluarga, serta kerindangan
lingkungan |
1) |
Menjalin
persahabatan
dengan anggota
PMR dari PMI
Cabang, atau organisasi remaja
lain : |
2) |
Dapat membuat bagan struktur
organisasi PMR |
|
3) |
Tahu alamat PMI Cabang dan PMI
Daerahnya |
2) |
Mengenal obat-obatan ringan dan
manfaatnya |
· |
Saling berkunjung untuk latihan
bersama |
4) |
Tahu susunan pengurus PMI Cabang |
3) |
Dapat melakukan pertolongan pertama
kepada teman sebayanya |
· |
Saling berkirim surat atau album
persahabatan |
5) |
Tahu kegiatan dan tanda pengenal PMR |
4) |
Dapat melakukan perawatan keluarga
dirumah |
· |
Berkirim hasil kerajinan daerah,
informasi pariwisata |
6) |
Tahu tempat puskesmas, rumah sakit,
bidan, dan dokter dilingkungannya |
5) |
Mengikuti kegiatan kesehatan remaja |
|
|
7) |
Tahu cara menghubungi tenaga kesehatan
dilingkungannya |
6) |
Dapat melakukan kesiapsiagaan bencana
untuk dirinya sendiri dan keluarga |
|
8) |
Menengok teman yang sakit |
7) |
Melaksanakan kegiatan pelayanan
kesehatan disekolah |
9) |
Membantu orang tua menyelesaikan
pekerjaan rumah |
|
|
10) |
Tahu alamat rumah sendiri |
|
|
11) |
Tahu Cara menjaga kebersihan
lingkungan |
|
|
12) |
Pernah ikut gotong royong membersihkan
tempat ibadah, sekolah, rumah sakit, puskesmas dan lingkungan tempat
tinggalnya |
|
|
13) |
Melaksanakan kunjungan sosial, a.I. ke
runah sakit, panti jompo, panti asuhan |
|
|
14) |
Pernah menyumbang tenaga/meteri kepada
korban bencana |
|
|
15) |
Melaksanakan kegiatan bakti
masyarakat, misal sosialisasi pencegahan penyakit/bencana
dilingkungan sekolah dan keluarga |
|
|
16) |
Melaksanakn lomba lingkungan sekolah
sehat |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. |
PMR Wira |
|
|
|
|
Berbakti pada
masyarakat
|
Mempertinggi keterampilan dan memelihara
kebersihan dan kesehatan
|
Mempererat persahabatan nasional dan
internasional
|
1) |
Dapat
menyanyikan lagu Mars PMI dan Bakti Remaja |
1) |
Menjadi Pelatih Remaja Sebaya |
1) |
Menjalin persahabatan dengan anggota PMR dari PMI
Cabang, atau organisasi remaja lain : |
2) |
Dapat
membuat bagan struktur organisasi PMR |
2) |
Dapat
menjaga kebersihan, kesehatan diri dan keluarga, serta kerindangan
lingkungan |
3) |
Tahu alamat
PMI Cabang, PMI Daerah serta Markas Pusat PMI |
3) |
Mengenal
obat-obatan ringan dan manfaatnya |
· |
Saling
berkunjung untuk latihan bersama |
4) |
Tahu
susunan pengurus PMI Cabang dan PMI Daerah serta PMI Pusat |
4) |
Dapat
melakukan pertolongan pertama kepada kepada keluarga dan teman
sebayanya |
· |
Saling
berkirim surat atau album persahabatan |
5) |
Tahu
kegiatan dan tanda pengenal PMR |
5) |
Dapat
melakukan perawatan keluarga di rumah |
· |
Berkirim
hasil kerajinan daerah, informasi pariwisata |
6) |
Tahu tempat
puskesmas, rumah sakit, bidan, dan dokter dilingkungannya |
6) |
Mengikuti
kegiatan kesehatan remaja |
|
7) |
Tahu cara
menghubungi tenaga kesehatan dilingkungannya |
7) |
Dapat
melakukan kegiatan kesiapsiagaan bencana untuk diri sendiri, keluarga
dan masyarakat |
8) |
Menengok
teman yang sakit |
8) |
Melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan di sekolah |
|
9) |
Membantu
orang tua menyelesaikan pekerjaan rumah |
|
10) |
Tahu alamat
rumah sendiri |
11) |
Tahu Cara
menjaga kebersihan lingkungan |
12) |
Pernah ikut
gotong royong membersihkan tempat ibadah, sekolah, rumah sakit,
puskesmas dan lingkungan tempat tinggalnya |
13) |
Pernah menyumbang
tenaga/materi kepada korban bencana |
14) |
Melaksanakan
kegiatan bakti masyarakat, misal sosialisasi pencegahan
penyakit/bencana dilingkungan sekolah dan keluarga |
15) |
Melaksanakan lomba
lingkungan sekolah sehat |
16) |
Melaksanakan kunjungan
sosial |
17) |
Membantu tugas-tugas
UTDC dalam kegiatan sosialisasi dan motivasi donor darah siswa |
18) |
Menjadi donor darah
siswa |
19) |
Membantu kegiatan
posyandu diwilayahnya |
20) |
Melaksanakan
kegiatan bakti masyarakat, misal sosialisasi pencegahan
penyakit/bencana dilingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat |
|
|
|
|
|
3. |
Pelaksana Tri Bhakti
PMR : |
|
|
Anggota PMR, yang
difasilitasi oleh Pembina PMR, Pelatih PMI, dan PMI disemua tingkatan (Cabang, Daerah, Pusat).
|
|
|
|
|
4. |
Pelaksanaan Tri
Bhakti PMR : |
|
|
a. |
Kegiatan Tri Bhakti
PMR dilakukan sesuai program kelompok PMR, yang terintegrasi dengan bidang
Pelayanan Sosial dan Kesehatan, serta Manajemen Bencana. |
|
|
b. |
Kegiatan Tri Bhakti
PMR dapat diselenggarakan oleh kelompok PMR, PMI Cabang |
|
|
c. |
Pelaksanaan Tri
Bhakti PMR ditingkat Pusat, harus melibatkan PMI Daerah dan Cabang |
|
|
d. |
Anggota PMR yang
telah mengikuti Tri Bhakti PMR, diberikan lencana Kelompok PMR yang telah
melaksanakan program Tri Bhakti PMR, diberikan tanda penghargaan. |
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar